Klaim Mengenai Manfaat Mengkonsumsi Infused Water

  • Whatsapp
Klaim Mengenai Manfaat Mengkonsumsi Infused Water

Infused water dibuat dengan menambahkan potongan buah ke dalam sebotol air mineral. Setelah diaduk, botol segera ditutup dan disimpan di dalam lemari pendingin untuk setidaknya semalaman agar rasa dan sari buah menyatu dengan air. Biasanya setelah direndam di dalam air untuk waktu yang cukup lama, potongan buah menjadi lembek dan dibuang karena teksturnya yang kurang enak untuk dimakan

Akhir-akhir ini infused water populer dan menjadi bagian dari gaya hidup karena dipercaya mendatangkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Padahal klaim-klaim tersebut belum tentu sepenuhnya benar. Berikut ini beberapa klaim mengenai manfaat infused water beserta faktanya.

Read More

  • Sarana detoks dan trik memperlancar metabolisme tubuh

Potongan lemon yang dimasukkan dan dikonsumsi bersama air mineral diklaim sebagai sarana detoks yang baik bagi tubuh. Ide detoks berasal dari kepercayaan bahwa racun bisa menumpuk di dalam tubuh dan dengan pola makan khusus atau detoks, racun ini bisa dihilangkan. Namun tidak ada bukti bahwa racun menumpuk di dalam tubuh seiring waktu, karena jika benar demikian, tubuh akan sering sakit. Diet atau pola makan detoks belum terbukti secara klinis berguna bagi tubuh.

  • Anti-penuaan

Air mineral yang dipadukan dengan buah-buahan yang kaya antioksidan, seperti delima dan stroberi, dianggap dapat menjadi sarana ampuh melawan efek penuaan. Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang berdampak buruk bagi tubuh. Mengkonsumsi banyak buah dan sayur-sayuran menunjukkan hasil positif dalam menghambat proses penuaan.Minum infused water bisa memberikan manfaat lebih dalam anti-penuaan dibandingkan dengan minum air putih saja. Namun jika ingin memaksimalkan jumlah antioksidan di dalam pola makan sehari-hari, jangan batasi buah terendam di dalam infused water saja. Konsumsilah beragam buah dan sayur-sayuran secara langsung juga.

  • Menurunkan berat badan menjadi lebih ideal

Mengkonsumsi infused water diklaim bisa menurunkan berat badan. Tetapi belum ada penelitian medis yang membuktikan klaim tersebut dengan jelas. Berat badan ideal paling baik dicapai dengan olahraga teratur dan pola makan yang sehat. Namun memang dengan mengonsumsi lebih banyak air putih atau infused water seseorang dapat merasa lebih cepat kenyang sehingga porsi makanan bisa dikurangi.

  • Menyeimbangkan pH

Makanan dan minuman “alkali” juga merupakan tren diet yang populer saat ini. Mereka dikatakan mampu meningkatkan unsur basa dalam tubuh. Menurut teori penyakit asam-basa, ini bisa meningkatkan kesehatan. Namun, teori ini tidak didukung oleh sains, karena tidak mungkin mengubah pH darah atau sel bisa dilakukan melalui makanan.

  • Membersihkan Kulit

Beberapa orang mengklaim bahwa air detoks mampu membersihkan racun dari kulit dan memperbaiki penampilannya. Namun, hanya ada sedikit bukti untuk mendukung klaim ini. Air minum mampu meningkatkan hidrasi kulit jika kita mengalami dehidrasi. Namun, itu tidak mengubah penampilan kulit kecuali kita mengalami dehidrasi parah. (2)

  • Memperbaiki Sistem Pencernaan

Minum air putih dan juga infused water terbukti secara ilmiah membantu tubuh dalam mencerna makanan. Jika seseorang kurang minum air, maka kemungkinan besar ia akan mengalami konstipasi atau sembelit. Terlepas kita meminum air putih atau infused water, manfaatnya terasa di pencernaan.

  • Mengembalikan Energi dan Mood

Rasa haus bisa mengganggu konsentrasi hingga mood seseorang. Riset PubMed Central pun menunjukkan ketika seseorang dehidrasi 1% saja, mood-nya langsung berubah turun, hingga alami sakit kepala. Riset lain membuktikan ketika seseorang meningkatkan asupan air hingga 2,5 liter per hari, ia merasa lebih bahagia, bersemangat dan tenang. Tentu riset ini pun berlaku untuk air putih dan infused water.(3)

Meski ada beberapa klaim yang sampai sekarang belum terbukti kebenarannya secara ilmiah, tapi bukan berarti infused water tidak memiliki manfaat sama sekali. Infused water bisa dijadikan alternatif minuman bagi kita yang tidak suka makan buah dan minum air putih. Dibandingkan mengkonsumsi kopi, teh, atau minuman ringan yang tinggi gula dan kafein, infused water bisa dijadikan pilihan minuman yang lebih sehat. Dengan mengkonsumsi infused water, maka kita dapat mendapatkan dua manfaat sekaligus. Pertama asupan cairan kita terpenuhi. Kedua, kita juga mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi dari sayuran serta buah-buahan yang kita sukai. Meski begitu, pastikan kita memilih buah dan sayuran yang tepat. Sebelum digunakan sebagai bahan infused water, buah dan sayuran tersebut dicuci terlebih dahulu agar kebersihan serta keamanannya terjaga. Pilihlah buah dan sayuran yang segar serta hanya gunakan air matang. (4)

Dalam memilih air untuk infused water, perlu dipahami juga untuk kualitas airnya, jangan sampai sembarangan dalam memilih air sebagai bahan utama infused water. Seperti AQUA sudah menemani kebutuhan air kita selama lebih dari 45 tahun.

AQUA berasal dari 17 sumber air pegunungan di Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Dari sana, proses penyaringan alami dari batu-batuan vulkanis terjadi. Itulah yang memungkinkan keberadaan kandungan mineral di dalam air AQUA. Untuk memastikan kemurnian, proses produksi pun dilakukan dengan standard higienis yang tinggi, memastikan tidak ada campur tangan manusia dalam prosesnya. Di dalam air AQUA memang terdapat sejumlah mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti natrium, kalium, klorida, kalsium, dan magnesium.

Dalam menentukan sumber air, AQUA melakukan analisis minimal satu tahun untuk memilih sumber air yang dapat diolah menjadi air minum yang aman, bersih, tidak berasa, dan tidak berbau. Itu belum cukup. AQUA masih melakukan 400 kali lebih pemeriksaan kualitas berikutnya supaya memastikan air tetap berkualitas. Dengan demikian, keamanan air AQUA pasti terjamin. (5)

  1. https://www.alodokter.com/fakta-tentang-manfaat-infused-water]
  2. https://www.halodoc.com/artikel/waktu-paling-baik-mengonsumsi-infused-water
  3. https://www.smarterhealth.id/apakah-infused-water-lebih-baik-dari-air-minum-biasa/
  4. https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/4-manfaat-minum-infused-water/#gref
  5. https://www.sehataqua.co.id/cara-memilih-air-minum-terbaik-untuk-dikonsumsi-setiap-hari/

Related posts