Ini Dia 5 Fitur Hits yang Bakal Jadi Tren Smartphone di Tahun 2020

  • Whatsapp
Fitur Hits

Berencana kredit online hp baru di tahun 2020? Tunggu dulu! Jangan buru-buru karena seiring dengan bergantinya tahun, tren smartphone dan gadget juga akan ikut berganti lho. Masih ingat dengan rilisnya iPhone X yang ber-’poni’ di tahun 2018? Atau iPhone 11 Pro Max yang kameranya mirip jelly bobba di akhir tahun 2019 lalu?

Berbicara soal gebrakan desain dan fitur yang dihadirkan oleh Apple dua tahun belakangan, meski selalu memiliki pro dan kontranya masing-masing, namun tetap saja iPhone seolah menjadi trendsetter bagi brand smartphone lainnya terutama Android. Padahal faktanya, banyak smartphone Android yang fitur dan teknologinya jauh lebih terdepan dibandingkan iPhone, salah satunya Samsung.

Maka dari itu, buat kamu yang berencana ganti hp di tahun baru, supaya puas dengan pilihan hp barunya dan nggak sekadar terlena oleh branding, yuk ketahui dulu tren fitur dan teknologi apa aja sih yang bakal ada di smartphone tahun 2020. Ini dia ulasannya!

Layar lipat

Pada masanya, di tahun 2000-an, Nokia dan Motorola bisa dibilang merupakan pionir dari munculnya handphone dengan bodi lipat. Meski bukan tergolong smartphone, pada masa itu, HP lipat jenis ini cukup populer dan laris manis di pasaran. Namun seiring dengan cepat berubahnya tren handphone, layar lipat seolah mati suri dan tergantikan dengan layar bezel less yang ukurannya besar dan luas.

Kini, melalui campaign dan perilisan Motorola Razr di akhir 2019, Motorola seolah ingin membangkitkan tren layar lipat dari mati surinya. Nggak tanggung-tanggung, smartphone layar lipat ini dihargai setara dengan iPhone X di awal perilisannya, yaitu 20 jutaan. Disusul oleh Samsung, Oneplus, dan juga Google yang isunya akan turut menggunakan teknologi layar lipat pada smartphone besutannya. Nah, apakah kamu termasuk yang tertarik dengan desain smartphone ini?

Megapixel kamera yang semakin besar

Nampaknya, anggapan bahwa ‘semakin besar megapixel, semakin tinggi dan bagus juga kualitas foto’ sudah telanjur dianggap benar oleh banyak orang. Padahal, kualitas foto juga bergantung pada jenis lensa, prosesor, dan sensor yang tertanam pada smartphone, bukan hanya besaran pixelnya saja. Maka dari itu, nggak heran kalau produsen smartphone semakin berlomba-lomba dalam membuat smartphone yang kameranya memiliki megapixel jumbo dari kompetitornya. Dan hal ini diprediksi juga masih akan menjadi tren di tahun 2020. Jika bagi kamu kamera merupakan aspek terpenting dalam smartphone, sebaiknya jangan terkecoh dengan besaran pixel ya. Coba cek juga aspek spesifikasi yang mendukung kinerja kamera itu sendiri supaya nggak nyesel dan salah pilih.

Rilisnya jaringan 5G

Waktunya katakan selamat tinggal pada jaringan 4G! Sebab, isu masuknya jaringan 5G di tahun 2020 semakin kuat seiring dengan meluncurnya Snapdragon 865 dari Qualcomm. Kombinasi maut antara chip teranyar dan konektivitas 5G ini konon bisa mendukung kecepatan koneksi hingga 7,5 Gbps. Di tahun 2020, perpaduan antara 5G dan Snapdragon 865 bakalan bisa ditemui di berbagai produk smartphone flagship seperti  Samsung Galaxy Note dan OnePlus.

Namun, mengenai jaringan 5G, jangan terlalu muluk berharap sebab semua bergantung lagi pada kesiapan negara. Dalam hal ini pemerintah dan juga perusahaan penyedia telekomunikasi yang ada di Indonesia. Kalaupun bisa diwujudkan di tahun 2020, belajar dari konektivitas 4G yang muncul beberapa tahun lalu, sudah pasti bertahap dan tidak bisa langsung merata di semua wilayah.

Teknologi 3D, AR (Augmented Reality), dan VR (Virtual Reality)

Kalau kamu pemain Pokemon Go, pasti tau banget gimana serunya mencoba teknologi VR atau Virtual Reality untuk berburu aneka Pokemon yang ikonik. Kini, teknologi 3D, AR, dan juga VR diprediksi akan semakin naik ke permukaan pada tahun 2020. Di masa sekarang saja contohnya, teknologi Face ID yang digunakan di iPhone X hingga aneka filter, overlay, dan template pada Instagram, TikTok, atau Snapchat, sudah lama menerapkan teknologi AR. Penasaran nggak gimana dan dalam bentuk apa teknologi ini diterapkan pada fitur smartphone di tahun 2020?

Pemantau kesehatan pengguna

Banyak riset mengungkap, bahwa pengguna yang terlalu lama atau bahkan kecanduan main smartphone, akan mengalami penurunan hingga gangguan kesehatan. Mulai dari kesehatan mental hingga fisik. Dari sinilah awal mula munculnya kepedulian dari perusahaan-perusahaan gadget untuk membuat fitur yang bisa lebih memerhatikan kesehatan (calon) penggunanya. Pada OnePlus, misalnya, yang belum lama ini merilis fitur Zen Mode. Di mana, fungsi dari fitur ini adalah untuk membantu pengguna agar tidak terlalu sering menggunakan smartphonenya.

Tujuannya selain untuk kesehatan juga untuk membantu agar smartphone tidak menjadi distraksi aktivitas pengguna terutama pekerjaan. Supaya dikit-dikit nggak pegang HP, lama-lama kerjaan jadi nggak kelar, deh. Zen Mode pada OnePlus bisa diatur sesuai keinginan pengguna. Misal, pengguna mengatur waktu selama 1 jam nggak mau pegang smartphone. Maka, Zen Mode akan mengunci semua fitur yang ada pada smartphone selama 1 jam sesuai pengaturan pengguna. Setelah 1 jam berlalu, smartphone baru bisa digunakan kembali.

Selain Zen Mode, kabarnya di 2020, bakal lebih banyak lagi fitur pendukung dan pemantau kesehatan pengguna lho.

Kredit Online Smartphone di Tahun 2020: Kredivo Solusinya!

Udah bukan jamannya lagi kredit dengan hanya mengandalkan kartu kredit. Nggak perlu susah-susah bikin kartu kredit kalau kamu bisa cicil atau kredit online HP idaman di tahun 2020 pakai Kredivo. Daftarnya mudah, nggak sampai 30 menit, bisa berkesempatan dapat limit sampai Rp 30 juta juga lagi! Daftar cukup dari rumah, pakai HP dan kuota internet, lalu download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store.

Supaya bisa kredit online gadget idaman, pilih daftar sebagai pengguna Premium ya karena fitur kredit yang satu ini hanya bisa digunakan oleh pengguna Premium. Kalau sudah punya akun Kredivo, kamu bisa cicil online HP pilihanmu di 250 lebih merchant rekanan Kredivo. Ada Shopee, Bhinneka, Lazada, Tokopedia, Erafone, Samsung, dan masih banyak lagi. Suku bunga Kredivo untuk kredit barang online hanya sebesar 2,95% per bulan, tanpa ada uang muka. Sementara pilihan tenornya, tersedia mulai 3, 6, dan maksimal hingga 12 bulan. Sangat menarik, kan?

Related posts