Indonesia Cinta Membaca: Begini Cara Mengatasi Anak Malas Membaca

  • Whatsapp
Indonesia cinta membaca

Untuk mendukung gerakan Indonesia cinta membaca maka masyarakat harus menjadikan buku sebagai teman dan membaca menjadi hal yang wajib dilakukan. Budaya membaca harus ditanamkan kepada anak sejak dini, namun bagaimana jika anak sangat malas membaca? Hal tersebut menjadi PR bagi orangtua untuk anak malas membaca.

Apabila sejak dini anak lebih suka bermain gadget daripada membaca, tentu akan berbahaya bagi dirinya dan masa depannya. Terlebih jika banyak anak Indonesia yang malas membaca, tentu mereka bukan menjadi generasi unggul yang mampu membanggakan Indonesia. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengenalkan anak pada budaya membaca.

4 Cara Mengatasi Anak Malas Membaca

Sebagai orangtua, sudah seharusnya Anda mulai mengajarkan anak membaca serta mengenalkan mereka dengan buku. Karena membentuk kebiasaan baik harus dimulai sejak dini. Namun jika anak lebih senang bermain di luar sepanjang waktu atau bermain gadget, Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut:

  1. Kenalkan Anak Buku Bacaan yang Ringan

Cara mengatasi anak malas belajar dan membaca, Anda bisa mengenalkan buku bacaan yang ringan terlebih dahulu, jangan langsung memberinya buku yang tebal hingga 600 halaman dan sifatnya teoritis. Anda juga bisa memilih buku yang terdapat visualisasi gambar serta mudah dimengerti oleh anak. Jika anak semakin suka dengan buku, maka anak akan memiliki budaya membaca dalam dirinya.

  1. Meminimalisir Hal-hal yang Dapat Mengganggu Konsentrasi Anak ketika Membaca

Untuk mendukung gerakan Indonesia cinta membaca maka generasinya harus rajin membaca. Anda bisa mengajak anak membaca sejak dini dan meminimalisir hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi sama ketika membaca seperti smartphone, TV dan lainnya. Jauhkan anak dari tempat yang ramai dan bising, karena hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi anak saat membaca.

Ada baiknya jika Anda tidak mengizinkan anak untuk bermain game atau menonton YouTube pada smartphone terus-menerus. Selain dapat merusak mata hal tersebut membuat anak menjadi malas membaca dan belajar.

  1. Mengajak Teman Sebayanya untuk Membaca Buku

Ada beberapa anak yang lebih senang melakukan beragam hal bersama temannya, begitu pula saat membaca buku. Anda bisa mengajak teman sebayanya untuk membaca buku bersama anak Anda. Biarkan mereka berdiskusi atau berbincang mengenai buku yang mereka baca.

  1. Membacakan Dongeng Sebelum Tidur

Untuk mengenalkan budaya membaca kepada anak, Anda bisa membacakan dongeng sebelum tidur. Hal tersebut membuat anak penasaran dengan buku cerita yang Anda baca, sehingga mereka mencoba untuk membaca buku cerita sendiri.

Itulah 4 cara mengatasi malas membaca pada anak yang bisa Anda lakukan. Anda juga bisa mengajak anak untuk mengikuti kursus membaca mengembangkan potensi yang dimiliki. Tanoto foundation merupakan program pendidikan berkualitas yang membantu masyarakat untuk menciptakan kesetaraan peluang serta mendukung seragam Indonesia cinta membaca.

Tanoto foundation percaya stimulasi pada anak usia dini merupakan investasi besar bagi tumbuh kembang mereka, salah satunya dengan mengajarkan mereka membaca dan menjadikan membaca sebuah budaya bagi mereka. Tanoto foundation juga mengajak kita semua untuk memajukan budaya membaca dengan menggagas gerakan Indonesia Cinta Membaca.

Tanoto Foundation juga mengadakan kompetisi sharing membaca yang bisa diikuti oleh Anda. Ada beragam hadiah yang seru dan kompetisi ini pun berlangsung hingga bulan Desember 2020 mendatang. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut Anda bisa mengecek highlight #MomenBaca di IG transmitan atau education yaitu @tanotoeducation atau https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-

Related posts