Fungsi Penting dari Advertising Agency di Indonesia

  • Whatsapp
Advertising Agency

Perlu kalian ketahui bahwa fungsi penting dari sebuah advertising agency di Indonesia yang sudah ada pengaruh dari sebuah campaign iklan dari suatu jasa atau sebuah produk. Advertising Agency merupakan salah satu usaha jasa independen, yang mempunyai beberapa pelayanan dan melakukan beberapa fungsi untuk klien sebagai pengiklan.

Dari advertising Agency, pelayanan yang diberikan adalah biasanya merupakan perencanaan, penempatan iklan di media dan penyusunan dari iklan. Dengan itu mereka juga dapat melakukan non – iklan bagi klien mereka. Nah di sini biasanya yang ditawarkan merupakan jasa konsultasi dan kreatif dengan maksud yang menambahkan keuntungan untuk perusahaan. Advertising Agency Jakarta atau Indonesia sendiri juga cukup banyak berkembang dengan dianggap bisa membantu para pengusaha bagi yang mengiklan dan memasarkan jasa dan produk mereka.

Hal Yang perlu diperlu diperhatikan untuk menarik klien

Dengan tanpa adanya klien, advertising agency tidak dapat  bisa berkembang dan bertahan. Mereka biasanya berusaha menarik pelanggan dengan cara membuat iklan di jurnal atau website tertentu, bahkan untuk menarik minat klien mereka akan memberikan jaminan pelayanan seperti, berpengalaman, murah dan cepat. Untuk menjaga  loyalitas klien, mereka akan berusaha memelihara hubungan baik dengan klien dan memberikan pelayanan yang dapat membuat klien merasa puas akan kerja yang dilakukan.

Penelitian yang sudah dilakukan untuk mengumpulkan informasi mengenai semua yang berkaitan dengan produk yang akan diiklankan. Informasi yang dikumpulkan biasanya berupa :

  • Fitur, kualitas, kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut
  • Kemungkinan pasar sekarang dan di masa yang akan datang
  • Persaingan pasar
  • Situasi di pasar
  • Metode distribusi yang akan digunakan
  • Preferensi konsumen

Semua informasi yang telah didapat akan dianalisa dengan baik untuk memperoleh kesimpulan, yang akan membantu dalam perencanaan kampanye iklan, memilih media yang tepat dan menciptakan iklan yang sesuai dengan produk atau jasa tersebut.

Perencanaan Iklan

Perencanaan iklan adalah fungsi utama dari sebuah agen iklan, biasanya dilakukan pada saat penelitian sudah selesai. Dalam arti, setelah mereka mangetahui dengan detail dan mengalisis mulai dari produk, klien, pesaing hingga kondisi pasar untuk produk tersebut. Perencanaan iklan ini biasanya dilakukan oleh para ahli profesional yang mereka miliki untuk membuat iklan yang berpotensi berhasil.

Fungsi Kreatif Sebuah Agency

Penciptaan iklan termasuk dalam fungsi kreatif, dimana merupakan hal yang paling penting dari sebuah agen iklan. Pada dasarnya kegiatan yang dilakukan pada penciptaan iklan ini adalah:

  • Menulis
  • Menggambar dan mengambil foto
  • Membuat ilustrasi dan layout untuk mendapatkan pesan iklan yang efektif

Kegiatan ini dilakukan oleh para ahli sesuai bidangnya seperti copy writer, art director, designer, dan sebagainya. Mereka adalah tim ahli yang terampil dan kreatif dibidangnya. Mereka akan membuat iklan menjadi lebih menarik. Apabila iklan yang dibuat menarik, maka akan membantu meningkatkan penjualan produk.

Membuat Anggaran Biaya

Advertising agency selain membantu membuat iklan, juga dapat melakukan fungsi sebagai pembuat anggaran biaya untuk sebuah iklan. Anggran biaya ini akan membantu mereka secara ekonomi dan menggunakannya secara tepat.

Menentukan Media

Pemilihan media merupakan fungsi khusus. Dalam menentukan media yang akan digunakan, akan dipilih beberapa media yang tepat untuk iklan produk atau jasa klien mereka. Untuk menentukan media, mereka harus memilih media yang dirasa memiliki potensi untuk mendapatkan hasil terbaik dengan biaya terendah. Dalam memilih media, mereka harus menetapkan lebih dari satu media iklan. Contohnya, apabila iklan diletakkan di TV, mereka juga bisa menggunakan media lain seperti: internet, surat kabar, majalah dan sebagainya untuk tempat untuk beriklan.

Hosting Unlimited Indonesia

Related posts